INTERNAL GEAR PUMP

Simulasi Pompa (klik disini)

Gbr Alur Fluida dlm Pompa & Photo Pompa (klik Disini)

Cara Kerjanya.

1. Fluida (lumpur pekat) masuk melalui “SUCTION PORT” terus lewat diantara gigi2 ROTOR & IDLERArah panah menunjukkan arah putaran gear dan jalannya fluida. 

2. Pada prinsipnya fluida akan mengalir didalam pompa diantara gigi2 ROTOR & IDLER, bagian pompa yang berbentuk bulan sabit dimuka IDLER akan memecah aliran fluida satu aliran nengikuti arah IDLER dan aliran yang lain mengikuti arah ROTOR, sekaligus berfungsi pula sebagai sekat antara SUCTION dan DISCHARGE port 

3. Setelah fluida di kepala pompa mendekati penuh maka akan didorong keluar lewat DISCHARGE port.   

4. Pertautan antara gigi2 pada ROTOR & IDLER akan membentuk kantong2 tertutup cukup besar untuk dilewati fluida padat (viscositas tinggi) sehingga pompa tidak sampai macet karena terganjal lumpur padat), selain itu pertautan tersebut juga akan membentuk suatu sekat yang selalu sama jaraknya Terhadap SUCTION port maupun DISCHARGE port  

5. Jenis pompa ini berbeda dengan pompa biasa (ie. Centrifugal pump) bedanya :a. Fluida masuk langsung dibuang keluar dengan perantaraan pertautan gigi2 ROTOR & IDLER, jadi tidak mengandalkan daya centrifugal.b. Kantong2 yang terbentuk diantara gigi2 pada rotor cukup besar untuk dilalui lumpur padat, sehingga dapat mencegah pompa macet.

Tinggalkan komentar